Friday, February 15, 2013

Indonesia – Spanyol Tingkatkan Kerjasama Pertahanan

 http://www.poskotanews.com/cms/wp-content/uploads/2013/02/menhan-sub.jpg

Jakarta (MI)Pemerintah Indonesia dan Spanyol sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang penanganan bencana, pertahanan maritim dan pertahanan udara.

“Ini  kerjasama  penting bagi Indonesia karena negara kita kerap dilanda bencana. Dan ketika bencana terjadi, biasanya penanganan pertama kali dilakukan oleh pihak militer,” ujar Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yusgiantoro usai menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Menhan  Spanyol Pedro Morenes Eulates di Jakarta, Kamis.

Purnomo mengatakan,  kerja sama ini masuk dalam ranah operasi militer non-perang. Sebelumnya Spanyol juga aktif membantu Indonesia ketika bencana tsunami terjadi di Aceh, Desember 2004 lalu.

“Walau negara mereka jauh tetapi mereka rela membantu. Oleh sebab itu atas nama pemerintah Indonesia, kami mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah Spanyol,” tutur Purnomo.

http://www.poskotanews.com/cms/wp-content/uploads/2013/02/menhan-tengah.jpg

Selain menyepakati kerja sama penanganan bencana, kedua negara juga sepakat meningkatkan hubungan komunikasi antar warga dan institusi Kementerian Pertahanan. Indonesia juga membuka kemungkinan untuk menjalin kerja sama yang lebih erat dalam teknologi terkait sektor pertahanan.

Kerja sama terakhir yang termaktup dalam kesepakatan tersebut menyangkut soal kerja sama di bidang industri pesawat terbang. Namun Purnomo menjelaskan walau kerjasama ini telah berjalan namun masih perlu payung hukum.

“Seperti yang kita ketahui, Indonesia dan Spanyol telah bekerja sama untuk membuat pesawat Casa 295, dan kami berharap ke depan akan terbangun kerja sama lain yang serupa,” kata Menhan.
Sumber :  Poskota

No comments:

Post a Comment