Wednesday, January 16, 2013

KASAL BERHARAP PEMBENTUKAN KOHANLA DISETUJUI



JAKARTA (MI) :Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Madya TNI Marsetio mengharapkan pembentukan Komando Pertahanan Laut (Kohanla) dapat disetujui oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Pembentukan Kohanla sudah disetujui oleh Panglima TNI dan sudah dipaparkan. Semoga pembentukan Kohanla segera disetujui," kata Marsetio di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, pembentukan Kohanla perlu dilengkapi dengan revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10/2010 tentang Organisasi TNI untuk pembangunan infrastruktur untuk Armada Tengah.

Terbentuknya Kohanla nantinya akan membawahi tiga armada yaitu Armada Barat, Armada Tengah dan Armada Timur, dimana saat ini hanya Armada Barat dan Armada Timur saja.

Marsetio mengatakan, secara bertahap infrastruktur Kohanla akan diprogramkan, termasuk dalam anggaran 2013 ini.

Untuk target pembentukan Kohanla sendiri, tambah KSAL, tergantung persetujuan Perpres dan keputusan Panglima TNI, namun tentunya juga sangat tergantung alokasi anggaran.

"Selain membeli alutsista untuk mencapai kekuatan pokok minimum (Minimum Essential Force/MEF), kita juga mempersiapkan SDMnya dan sistem pertahanannya," tuturnya.




Sumber : Antara

1 comment:

  1. Pak Pres Kohanla hrs segera di setujui, krn situasi kondisi pd tahun 2014 sangat menentukan keamanan laut kita dan armada timur,tengah, barat sdh terbentuk serta pergantian presiden th 2014. Dasar hukum laut Kohanla ke TNI AL jelas, tdk memberikan situasi abu2 utk Kawasan laut Nusantara. Sangat membahayakan, bagi Prajurit utk bertindak bila landasan hukum utk TNI AL belum ada dan utk bertindak hrs perangkatnya semua sdh siap. Slamat Pak Pres

    ReplyDelete