Wednesday, September 26, 2012

PRODUK MILITER INDONESIA 2012 Part 1

Produk militer dalam negri...!!! akhir-akhir ini saya sering membaca blog-blog militer negara tetangga , analisis-analisis maupun forum-forum  mereka tentang produk militer indonesia yang sering di anggap sebelah mata,apakah mungkin karena tidak tahu info yang sengsungguhnya atau karena memang tidak mau tahu sehingga mereka meremehkan produk-produk militer dalam negri ini.Negri ini memang baru menyadari bahwa pentingnya kemandirian dalam hal membangun arsenal produk militer nya,sehingga pemerintah saat ini sangat getol dengan nama nya Transfer of teknologi maupun joint production dengan negara-negara sahabat produsen produk militer.Walaupun saat ini produk militer buatan dalam negri masih dalam kelas sedang dan menegah saja,tetapi itu bukan lah sesuatu hal yang harus kita
pandang sebelah mata.sudah banyak sebenarnya negri ini menciptakan karya-karya terbaiknya dan sudah bisa membuktikan kepada dunia bahwa produk militer kita sangat berkualitas dan dapat dersaing dengan produsen produk-produk militer negaralain.di sini saya ingin memberikan informasi bahwa kita sudah bisa membuat dan memproduksi alat-alat militer.langsung saja saya akan membahasnya dari produk militer matra darat di mana produk matra darat ini banyak di produksi oleh PT PINDAD,mulai dari Panser,senapan serbu,geranat,peluru,dll.
  1. PANSER ANOA PINDAD
Anoa V2 mampu memuat 13 kru, memiliki panjang dan lebar 6.000 x 2.500 mm serta dilengkapi dengan peralatan khusus, seperti GPS dan NVG. Sistem komunikasinya menggunakan VHF dan HF Intercomset System. Sementara itu, sistem senjatanya menggunakan Smoke Shield kaliber 66 mm dan Armanents 7,62 mm dan 12,7 mm. Rasio daya berbanding beratnya adalah 22,85 HP, kecepatan maksimum 80 km/jam, dan radius putar 9,5 meter. Mesinnya adalah 6 silinder segaris dengan turbocharger berpendingin dalam dan berdaya 320 HP. 
PRODUK MILITER MATRA DARAT
Panser Anoa Versi angkut personel
 Panser Anoa Versi UN  
Panser Varian Canon 20 mm
Panser Varian Canon 90mm
 Panser Varian Amvibi  

 Panser Varian Ambulance  

Panser Varian Angkut Amunisi

Panser Varian Recovery

Panser Varian Angkut Mortir 81mm

Panser Varian Comando


    2.KENDARAAN TAKTIS BUATAN DALAM NEGRI 
Kendaraan taktis dalam negri baik buatan PT PINDAD,PT DI,kendaraan ini baik untuk mengangkut pasukan maupun komando
Kendaraan Taktis Buatan Pindad
 Rantis 4x4 Komodo ( komodo hanya nama sementara)
Rantis Garda 4x4 
 RPP-M Pindad
Cakra-Rantis buatan Bengpuspal AD
 Nenggala-Rantis buatan BengpuspalAD
RPP-Rantis buatan Bengpuspal AD bekerjasama dengan Universitas Indonesia  
 Rantis buatan PT.DI sampel sementara untuk kopassus
Kendaraan taktis Pindad hasil joint production dengan Prancis
Kendaraan fungsi khusus ini dapat dipergunakan untuk keperluan tempur maupun tugas-tugas kepolisian 
Rantis produksi PT PINDAD
Fast Attack Vehicle (FAV) buatan PT. Dirgantara Indonesia
 P2V1PTDI 
P2 APC POLICE
APR 1
 Sertu Ade Kusnadi, prajurit Kopassus perancang rantis TNI di Karawang
Kendaraan Taktis Buatan PT. Surya Sentra Ekajaya (SSE)

3.TRUK ANGKUT MILITER


Truk Maesa PT44 ini hasil kerjasama tiga negara antara Indonesia-SouthAfrica-Inggris, dibawah bendera PT Pacific Technology, Truk dengan kandungan lokal 90% ini menggunakan mesin diesel lisensi dari Cummin Amerika, persneling ZF dari jerman, serta axle dari Eston Amerika. Armada TNI telah menggunakan truk ini serta beberapa perusahaan swasta nasional.

 

 Truk Maesa PT 44 Tahap Produksi
Truk Maesa PT 44 

4.APC AMPHIBI BUATAN PT.WIJAYADIBAHARI

 


APC AMPHIBI BUATAN PT.WIJAYADIBAHARI Dalam Ujicoba

APC PINDAD

APC AMPHIBI BUATAN PT.WIJAYADIBAHARI Dalam Ujicoba

 

5.KENDARAAN PELUNCUR ROKET PINDAD
PLM 861 Peluncur Roket Modular, produk baru PT Pindad
Kendaraan Peluncur roket Roket Kendali Nasional (RKN)
Mobil peluncur Roket R-HAN 122
Meluncurkan Roket R Han
Kendaraan Peluncur roket Roket Kendali Nasional (RKN)]

Mobil peluncur Roket R-HAN 122
Data teknis mobil peluncur

Kaliber peluncur : 122 mm

Berat total 8 peluncur : 680 kg

Panjang mobil : 4650 mm

Lebar mobil : 1700 mm

Tinggi trailer s/d peluncur 

– Peluncur 4 buah : 2750 mm

– Peluncur 2 buah : 2500 mm

Berat total : 3000 kg

Berat total + 4 roket : 977 kg 






PRODUK MILITER MATRA UDARA

Dalam hal produk matra udara ini indonesia merupakan negara satu-satunya yang memproduksi pesawat ,baik pesawat sipil maupun militer di Asia tenggara ini ,maka dari itu kita harus berbangga karna hanya negara kitalah yang dapat membangun industri kedirgantaraan.

1.PESAWAT CN 235
CN-235 adalah sebuah pesawat angkut turboprop kelas menengah bermesin dua. Pesawat ini dirancang bersama antara IPTN Indonesia dan CASASpanyol. Pesawat ini diberi nama sandi Tetuka dan saat ini menjadi pesawat paling sukses pemasarannya dikelasnya.
2.PESAWAT NC 212
Pesawat jenis ini juga telah diproduksi di Indonesia di bawah lisensi oleh PT. Dirgantara Indonesia. Bahkan pada bulan Januari 2008, EADS CASAmemutuskan untuk memindahkan seluruh fasilitas produksi C-212 ke PT. Dirgantara Indonesia di Bandung.[1]  PT. Dirgantara Indonesia adalah satu-satunya perusahaan pesawat yang mempunyai lisensi untuk membuat pesawat jenis ini di luar pabrik pembuat utamanya.
3.PESAWAT N 219
N-219 adalah pesawat multi fungsi bermesin dua yang dirancang oleh Dirgantara Indonesia dengan tujuan untuk dioperasikan di daerah-daerah terpencil. Pesawat ini terbuat dari logam dan dirancang untuk mengangkut penumpang maupun kargo. Pesawat yang dibuat dengan memenuhi persyaratan FAR 23ini dirancang memiliki volume kabin terbesar di kelasnya dan pintu fleksibel yang memastikan bahwa pesawat ini bisa dipakai untuk mengangkut penumpang dan juga kargo.
4.PESAWAT N 250
Pesawat N-250 adalah pesawat regional komuter turboprop rancangan asli IPTN (Sekarang PT Dirgantara Indonesia,PT DI, Indonesian Aerospace),Indonesia. Menggunakan kode N yang berarti Nusantara menunjukkan bahwa desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di Indonesia.
CN235
CN235 MPA Patroli
N250
NC 212
N219
2.HELIKOPTER BUATAN PT DI

Super puma
N BELL 412 EP
NBO Heli Serang PT DI
Helikopter “Cougar” buatan PT DI  diberi nama NAS 532

 PRODUK MILITER MATRA LAUT

Produk militer matra laut dalam negri pun tak mau kalah dengan matra-matra lainya dan tidak tanggung-tanggung produk militer matra laut indonesia ini sudah banyak di minati negara lain seperti filipina dan timor leste.dan yang pastinya ini membuat kita bangga karna dapat mengangkat harga dan martabat bangsa.setidaknya kita sudah mampu dan bisa untuk memenuhi arsenal tempur lautnya tanpa harus membelinya dari luar negri,dan yang terbaru adalah telah di luncurkannya kapal siluman trimaran "KRI Klewang 625 " yang menghebohkan dunia karena kapal perang canggih seperti ini baru hanya dua negara saja yang mengembangkannya yaitu Amerika dan Indonesia.

1.    KRI Banjarmasin

KRI Banjarmasin adalah Kapal perang pertama yang dibuat oleh Indonesia. Kapal ini diresmikan pada januari 2011. Kapal ini diproduksi oleh PT PAL yang bekerja sama dengan DSS (Dae Sun Shipbuilding) pada program transfer teknologi.
592

Kapal ini adalah jenis Landing Platform Deck (LPD) . memiliki panjang 125m, lebar 22m dan berat 7300 ton.  Memiliki kecepatan maksimal  15 knot mampu mengangkut 562 personel, 13 unit tank, 2 unit Landing Craft Vehicles, 5 unit helikopter. Kapal ini juga dipersenjatai dengan 1 unit kaliber 57 mm dan 2 unit kaliber 40 mm.

BajarmasinWalaupun Sejatinya kapal ini bukan 100% buatan indonesia. Karena sebenarnya kapal ini dipesan dari  Dae Sun Shipbuilding (DSS), Korea Selatan. Tetapi pengerjaannya dibuat di galangan kapal PT PAL dengan pengawasan tenaga ahli dan peralatan dari DSS dan ini adalah permulaan tumbuhnya industri kapal Militer di Indonesia.

2.    KRI Krait 827

Kapal ini bukan hanya rancangan anak bangsa, namun seratus persen pekerjaannya ditangani putra-putri Indonesia yang tinggal di Batam, Kepulauan Riau. Ini kapal perang (KRI) pertama di Indonesia berbahan baku aluminium yang sukses diproduksi
Kapal perang bernama KRI Krait-827 itu merupakan hasil saling tukar ilmu antara TNI-AL -lewat Fasharkan (fasilitas pemeliharaan dan perbaikan) Mentigi- dan PT Batam Expresindo Shipyard (BES), Tanjung Guncang. Pengerjaan dilakukan mulai Juni 2007

Kapal Patroli ini dilengkapi radar dengan jangkauan 96 Nautical Mil (setara 160 km) dengan sistem navigasi GMDSS Area 3 (jangkauan komunikasi dan radar yang sudah cukup luas) dengan kecepatan terpasang 25 knots. KRI itu juga dilengkapi dengan senjata antiserangan udara 12,7 mitraliur dan senjata meriam haluan laras ganda (Two in Barrel) kaliber 25 mili yang dapat dioperasikan secara otomatis maupun manual. Kapal ini juga dirancang hemat  BBM

Krait

3.    KRI Tarihu – 829

Sama Seperti KRI Krait, KRI Tarihu juga merupakan kapal Patroli Cepat buatan Fasharkan yang di buat di Mentigi, Batam.

KRI Tarihu-829 terbuat dari bahan glass fiber reinforced plastic (GFRP).  memiliki panjang 40 m, lebar 7,3 m, dilengkapi dengan persenjataan meriam kaliber 20 mm dan 12,7 mm. Dalam uji coba ini mampu menempuh kecepatan 25 knot.

Tarihu

4.    KRI Alkura 820

Kapal ini merupakan kapal Patroli Cepat yang dibuat pada tahun 2009.  Kapal ini juga dibuat oleh Faasharkan Batam.

5.    KRI Clurit 641

Kapal ini 100 persen pembuatannya di lakukan di PT Palindo Marine Industries, Tanjunguncang, Batam. Kapal ini merupakan jenis Kapal cepat Rudal (KCR)  dengan kecepatan 30 knot yang dilengkapi dengan sistem persenjataan modern seperti Sensor Weapon Control (Sewaco), Meriam caliber 30 MM 6 laras sebagai Close in Weapon System (CIWS), serta peluru kendali


Kapal ini terbuat dari baja khusus High Tensils Steel pada bagian hulunya (lambung). Sementara untuk bagian atasnya, kapal ini menggunakan aluminium Alloy yang memiliki stabilitas dan kecepatan yang tinggi jika berlayar
Clurit
Kapal ini memiliki panjang 44 meter dan lebar 8 meter, serta tinggi kapal 3,4 meter. Draft kapal ini 1,75, dengan displacement 238 ton, yang mampu mengangkut bahan bakar 50 ton dan air tawar 15 ton.

6.    KRI Kujang 642

Kapal ini sekelas dengan KRI Clurit yang memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai KCR (Kapal Cepat Rudal)  dan kapal patroli. Kapal ini juga diproduksi oleh PT Palindo Marine Industries.

Kapal dengan teknologi tinggi tersebut memiliki spesifikasi panjang 40 meter, lebar 8 meter, tinggi 3,4 meter dan sistem propulasi fixed propeller 5 daun. KCR 40 mampu berlayar dengan kecepatan 30 knot.
Kujang
KCR-40 terbuat dari baja khusus bernama high tensile steel pada bagian lambung. Baja hight tensils steel merupakan produk dalam negeri yang diproduksi PT Krakatau Steel. Sementara untuk bagian atasanya menggunakan aluminium alloy sehingga memiliki stabilitas dan kecepatan yang tinggi jika berlayar.

7.    KRI Banda Aceh

Satu lagi kapal Landing Platform Dock (LPD) buatan PT PAL kembali memperkuat armada TNI AL. Kapal LPD yang dikukuhkan sebagai  KRI Banda Aceh  itu diserahkan Dirut PT PAL Harsusanto kepada Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, di Dermaga Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Meret 2011.
 Banda Aceh
Serupa dengan kapal sejenis sebelumnya, KRI Banjarmasin, KRI Banda Aceh mampu menampung lima helikopter, tiga helikopter di dek, dan dua helikopter di dalam hanggar.
Kapal ini juga dirancang mengangkut 22 tank, 560 pasukan, 126 awak. Kapal itu juga dpat mengangkut kombinasi 20 truk dan 13 tank. Selain berfungsi untuk memobilisasi pasukan, kapal sepanjang 125 meter x 22 meter ini juga dapat digunakan untuk fungsi operasi militer selain perang (OMSP), seperti membawa logistik ke daerah bencana alam.
8.KRI lAYANG CLASS
Kri Layang Buatan PT PAL
Kri Kakap Buatan PT PAL
9.KRI KLEWANG 625

Kapal berbahan dasar komposit serat karbon yang tercatat lebih ringan, dan 20 kali lebih kuat dari baja ini memiliki panjang 60,7 meter serta digerakkan oleh empat unit mesin penggerak pokok ini, didesain sebagai kapal siluman (stealth) canggih yang dapat melaju dengan kecepatan tinggi serta mampu menembus ombak setinggi enam meter. Kapal ini diharapkan akan memperkuat jajaran Kapal Republik Indonesia (KRI) TNI AL yang sudah ada.
Spesifikasi dasar dari kapal antara lain : Panjang keseluruhan (length overall) 63 meter. Panjang kapal di permukaan air (lenght on waterline) 61 meter sedangkan panjang totalnya 63 meter. Water draft 1,2 meter. Beam overall 16 meter, bobot 219 ton. Berat bobot mati (GT) 53,1 GT. Kecepatan maksimum 35 knot Jangkauan (range) 2000 nm (mill laut). Mesin utama 4x MAN 1800 marine diesel engine nominal 1.800 PK + 4x waterjet MJP550.
Secara internal, kapal memiliki tiga deck. Akomodasi pasukan hingga dua puluh sembilan orang, termasuk tim pasukan khusus menggunakan 1 buah RHIB x2k 11 meter mampu mencapai kecepatan 50 knot.


Add caption
KRI Klewang 625 Kapal Siluman Kebanggaan Bangsa
Dan masih banyak lagi produk militer  anak bangsa yang sangat canggih dan membanggakan seperti senapan serbu,Sniper,Bom,dan  lainnya namun saya hanya dapat menampilkan sebagian saja,insyaallah saya akan menyambungnya di lain waktu.Kita sebagai masyarakat yang baik seyogyanya harus mendukung dengan sepenuh hati kepada pemerintah dan lembaga-lembaga lainnya yang telah membuktikan bahwa negri ini pun sudah mampu dan bersaing dengan menciptakan inofasi produk militer,kita berharap produk militer kita semakin maju dan jaya Amin.





 

2 comments:

  1. senjata ss pindad n roket2 nya ga dimasukin dong!..

    ReplyDelete
  2. Insyaalah saya akan melanjutkannya di lain waktu,terimakasih atas masukannya.

    ReplyDelete