Friday, September 14, 2012

Dankormar Buka Lomba Binsat Marinir 2012





Jakarta – Bertempat di lapangan tembak Marinir Jusman Fuger, Bhumi Marinir, Cilandak, Jakarta, Komandan Korps Marinir (Dankormar) TNI-AL, Brigjen TNI (Mar) Ahmad Faridz Washington meresmikan pembukaan lomba Pembinaan Satuan (Binsat) Korps Marinir tahun 2012, Jumat (14/9).kemarin.
Pembukaan lomba tersebut diawali dengan upacara militer yang dipimpin komandan upacara Letkol Mar. Supriyono yang sehari-hari menjabat sebagai Pasi Operasi (Pasops) Komando Latihan Marinir (Kolatmar).
Sebelum menyampaikan detik-detik peresmian pembukaan, Komandan Korps Marinir berkenan menerima laporan kesiapan Binsat Korps Marinir 2012 dari ketua panitia pelaksana Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Amir Faisol dan setelah itu dilaksanakan penyematan tanda peserta kepada perwakilan pelatih dan peserta.
Diawal amanatnya, orang nomor satu di Korps Marinir menyampaikan bahwa lomba binsat ini, disamping mengukur kemampuan Profesi Prajurit Marinir juga mempertandingkan kesiapan mental dan semangat juang para peserta, sekaligus mengukur efektifitas kepemimpinan para Komandan Batalyon dalam memimpin satuannya.
“Lomba binsat ini  pada hakikatnya merupakan tolak ukur bagi satuan-satuan dalam pembinaan kemampuan dasar prajurit, menguji keterampilan dan ketangkasan, sekaligus sebagai tradisi korps untuk memupuk jiwa korsa, yang kesemuanya merupakan implementasi dari pola pembinaan satuan Korps Marinir yang telah dilaksanakan,” ujar Faritz.

Dankormar Brigjen TNI Mar. Ahmad Faridz Washington memberikan dukungan ucapan selamat kepada para Komandan Batalyon agar dapat memompasemagat anggotanya yang ikut berlomba. foto : Ranoe/KANALNEWS.co
Faridz menjelaskan bahwa pembinaan satuan ini merupakan kemampuan profesional prajurit Korps Marinir yang dilaksanakan melalui latihan yang terprogram, terukur, terarah, inovatif dan menantang namun tetap dalam koridor sistem pembinaan guna menghasilkan prajurit-prajurit Korps Marinir yang bermoral, profesional, handal dan membanggakan.
Lomba Binsat yang pada tiap tahunnya diselenggarakan oleh Korps Marinir tersebut melombakan beberapa materi di antaranya, Lintas Gunung sepanjang 24 km di Gunung Gede Cianjur , Dayung Perahu Karet 2000m, Renang Laut dengan PDL sejauh 600 meter di perairan Ancol Jakarta, Halang Rintang di Cilandak, Menembak Pistol, Laras Panjang dan Sniper di Lapangan tembak Cilandak.
Sebanyak 18 tim/Batalyon Marinir yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan jumlah peserta 1024 personil dan 310 official dari beberapa satuan dari Yonif 1 Mar hingga Yonif 9 Mar, Menart 1 Mar, Menart 2 Mar, Menkav 1 Mar, Menkav 2 Mar, Menbanpur 1 Mar, Menbanpur 2 Mar, dan Yontaifib serta Denjaga tampak ikut serta ajang ini yangdigelar hingga Jumat (21/9) mendatang.
Sementara itu Komandan Kolatmar Kolonel Amir Faisol mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan rutin tahunan yang diikuti para prajurit Marinir se-Indonesia. Dengan adanya ini sasaran jangka panjang Korps Marinir adalah dapat meningkatkan kemampuan prajurit baik secara fisik ataupun mental.

Para prajurit Marinir TNI-AL dari berbagai kesatuan sedang mengikuti cabang menembak pistol dalam lomba Binsat Marinir 2012. foto : Ranoe/KANALNEWS.co
“Selain itu juga untuk mencari bibit-bibit atlet yang dipersiapkan untuk tampil baik even nasional maupun internasional terutama untuk atlet dayung dan menembak seperti di SEA Games dan bahkan lomba menembak yang didaakan oleh negara-negara tetangga. Atletnya ya bersumber dari lomba binsat ini,” ujar Amir.
Hadir dalam upacara pembukaan Binsat Kormar 2012, Kas Kormar Brigjen TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara, Danpasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Buyung Lalana, Danpasmar-1 Kolonel Mar R Gatot Suprapto, pejabat teras Kormar dan Pasmar serta para Dankolak/Satlak di lingkungan Korps Marinir.

No comments:

Post a Comment