Tuesday, January 22, 2013

KSAL : Tak Ada Pencaplokan Pulau Oleh Singapura


 

Jakarta (MI) : Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Marsetio menegaskan tidak ada pencaplokan pulau terluar, Semakau, Kota Batam, Kepulauan Riau, oleh Singapura.
"Tidak ada wilayah yang dicaplok," tegas KSAL usai memimpin upacara serah terima jabatan Panglima Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) dari Laksda TNI Sadiman kepada Laksda TNI Arief Rudianto di Markas Komando Armabar, Jakarta, Selasa (22/1).
Ia menyatakan pulau-pulau terluar ataupun terdepan yang dimiliki Indonesia telah diinventariskan kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
Pulau Semakau, kata dia, termasuk dari 10 wilayah perbatasan yang sudah diselesaikan dengan pihak Singapura. "Di segmen barat mulai dari Pulau Nipa hingga utara Batam itu sudah tuntas. Namun di segmen timur memang masih ada permasalahan tapi tidak ada wilayah kita yang dicaplok," kata KSAL.
Wakil Ketua Komisi I DPR Ramadhan Pohan menegaskan berita di beberapa media sosial dan cetak mengenai perampasan Pulau Semakau di Provinsi Riau oleh Singapura adalah isu yang tidak benar atau kebohongan.
"Tidaklah benar isu di media sosial dan media cetak bahwa telah terjadi 'pencaplokan' asing oleh Singapura terhadap Pulau Semakau di Kelurahan Basu, Kecamatan Belakang Padang yang terletak di Kepulauan Riau," kata Ramadhan.
Dia menambahkan, berdasarkan keterangan dari Ditjen Hukum dan Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri, tidak terdapat peta Singapura yang mencantumkan Pulau Semakau, Kelurahan Basu yang terletak di Kota Batam, Kepulauan Riau ke dalam wilayah Singapura.
Hasil verifikasi data Dinas Hidro-Oseanografi TNI-AL, Badan Informasi Geospasial, dan situs resmi Singapura hingga 18 Januari 2013 juga menyatakan hal sama. "Dalam peta Singapura hanya terdapat Pulau Semakau yang lokasinya berada di sisi dalam pulau-pulau terluar Singapura," ucapnya.


Sumber : hukumonline

No comments:

Post a Comment