Tuesday, December 25, 2012

TNI-TDM Gelar Patroli Bersama di Perbatasan


Patkor_2012_2.jpg


Entikong (MI)Menindaklanjuti  salah satu hasil kesepakatan dalam Commander Meeting yang dilaksanakan antara Tentara Nasional IndonesiaI dan Tentara Diraja Malaysia pada Bulan November lalu. Dan upaya menjalin hubungan baik didalam pengamanan perbatasan kedua negara, dilakukan Patroli Bersama/ Patroli Terkordinasi antara Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 123/Rajawali dengan Batalyon 13 RAMD 3 Brigade Tentara Diraja Malaysia (TDM). 



Patroli Terkordinasi dibuka secara resmi oleh Kasrem 121/Abw Letkol Inf. Agus Prasetyo Ari Wibowo mewakili Danrem 121/Abw dengan upacara yang berlangsung pada Minggu (23/12/2012) Pukul 09.00 WIB di Pos Gabma Entikong, dengan diikuti oleh 2 peleton pasukan yang akan melaksanakan patroli. 


Patkor_2012_3.jpg


Turut hadir undangan dari 3 Brigade TDM yaitu Ketua Staf 3 Brigade TDM, Letkol Mohammad Mahmod bin Ahmad, Danyon 13 RAMD Letkol Zamsari Bin abu Hasan, Mej. Azamawi serta perwira lainnya. Para Kasi Korem 121/Abw, Polsek, Imigrasi, Karantina dan Muspika Kec. Entikong.



Danrem 121/Abw Kolonel Inf. Binarko Sugihantyo dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasrem 121/Abw menyampaikan bahwa Kegiatan Patroli Bersama ini, selain sebagai simbol kebersamaan, juga merupakan bentuk aplikasi eratnya persahabatan antara kedua Angkatan Bersenjata Negara yaitu TNI dan TDM didalam saling menjaga kedaulatan negaranya yang berbatasan darat. 

Patkor_20212_1.jpg


Selain itu, kegiatan ini juga berdampak positif untuk mengontrol  aktifitas berbagai kegiatan illegal seperti : illegal logging, illegal mining, trafficking, pelintas batas dan kriminalitas seperti penyelundupan narkoba, yang kerap memanfaatkan celah yang ada diwilayah perbatasan kedua negara serta berbagai dampak lainnya yang timbul di perbatasan.



Setelah upacara selesai, kedua pasukan kemudian bersama-sama menuju titik start di Patok G. 128 di pintu border wilayah Tebedu. Patroli akan dilaksanakan selama seminggu dengan memeriksa 72 Patok secara bersama-sama. 



Selama pelaksanaan patroli akan didata tentang hal-hal yang menonjol jika ditemukan untuk dilaporkan kepada masing satuan pasukan TNI-TDM yang melaksanakan patroli.  Dijadwalkan kegiatan Patroli Terkordinasi akan ditutup dengan upacara pada tanggal 31 Desember 2012 di Kem JPG Tebedu.

Sumber : .Tribun

No comments:

Post a Comment