Sunday, January 27, 2013

Menhan RI : Hadirnya KCR-40 “KRI Beladau 643” Sangat Penting Bagi Pembangunan Kekuatan TNI AL


Menhan RI : Hadirnya KCR-40 “KRI Beladau 643”  Sangat Penting Bagi Pembangunan Kekuatan TNI AL

Jakarta (MI)Dengan hadirnya Kapal Perang type Kapal Cepat Rudal (KCR) 40 yang diberi nama KRI Beladau-643, memiliki makna penting dan strategis dalam pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut menuju kekuatan pokok Minimum (MEF). Demikian dikatakan Menhan RI, Purnomo Yusgiantoro saat meresmikan satu unit kapal type KCR 40 “KRI Beladau 643” hasil produksi ketiga PT. Palindo Marine Shipyard, Jumat (25/1), di Dermaga Batu Ampar, Batam Kepulauan Riau.


Menhan menuturkan dalam sambutannya, bahwa penambahan satu unit Kapal KCR 40 maka diharapkan juga dapat meningkatkan kemampuan operasional TNI AL dalam mengamankan dan menjaga kedaulatan NKRI. Menhan juga menambahkan, peningkatan Alutsista di laut baik bentuk KRI (Kapal Perang Indonesia) dan KAL     ( Kapal Angkatan Laut) merupakan jawaban konsekuensi atas kondisi geografis wilayah indonesia yang sebagian besar adalah lautan.


Lebihlanjut dikatakan Menhan, konsekuensi bangsa Indonesia ini terletak pada tanggung jawab untuk menjaga wilayah Indonesia yang berada pada posisi strategis, serta memiliki selat dan perairan utama yang penting bagi jalur pelayaran nasional maupun internasional yang membawa manfaat ekonomis.
"Saya kira sudah sewajarnya kalo kita memberikan perhatian yg besar atas keamanan maritim dengan memperkuat armada laut TNI dalam rangka membangun kemampuan untuk mengamankan wilayah laut,” Ungkap Menhan.
Disisi lain menurut Menhan, keberadaan KRI Beladau-643 dibangun atas karya anak-anak bangsa Indonesia, yang dijadikan bukti sebagai tanda kebangkitan industri dalam negeri guna kemandirian. Hal ini seiring dengan perhatian besar pemerintah dalam mengupayakan pemberdayaan industri pertahanan nasional dalam mendukung Alutsista TNI saat ini.
“ KRI Beladau 643 merupakan kapal ketiga dari type Kapal Cepat Rudal yg dibangun anak-anak bangsa Indonesia. Oleh sebab itu harus dilihat sebagai salah satu kebangkitan industri dalam negeri guna menuju kemandirian,” Kata Menhan.
Sebelumnya KCR - 40 pertama telah diresmikan pada bulan April 2011 dengan nama KRI Clurit-641. Sedangkan kapal yang ke dua juga diresmikan pada bulan Febuari 2012 dengan nama KRI Kujang dengan nomor lambung 642. Kedua Kapal ini telah diserahkan kepada TNI AL untuk memperkuat Armada Perang TNI AL dijajaran Komando Armada Barat (Koarmabar).
Secara keseluruhan, PT. Palindo Marine Shipyard mendapatkan pesanan dari TNI AL membuat KCR-40 sebanyak empat unit. Unit yang keempat diperkirakan akan selesai pada tahun 2013 ini. Nilai kontrak dari setiap unit pengadaan KCR – 40 tersebut kurang lebih sebesar Rp. 75 Milyar.  Pengadaan KCR – 40 ini menggunakan sumber pembiayaan Pinjaman Dalam Negeri (PDN). Program pengadaan type Kapal Cepat Rudal (KCR) seperti ini sampai dengan tahun 2014 nanti direncanakan sebanyak 16 kapal.


Sumber : DMC

1 comment:

  1. KRC - 40 hrs disertai dg UAV sbg mata dilaut, dpt digunakan melihat posisi lawan dan dpt mencari perlindungan diantara pulau2 yg terdekat dibutuhkan sbg serang lari serang kembali.

    ReplyDelete