Saturday, October 26, 2013

Indonesia Sambut Baik Bebasnya 6 Warga Korsel dari Korut

Menlu Marty saat berkunjung ke Korut (Foto.Dok.Kemlu)
Menlu Marty saat berkunjung ke Korut 
JAKARTA (MI) : Sekira enam warga Korea Selatan (Korsel) baru saja kembali dari Korea Utara (Korut) pada Jumat 23 Oktober 2013. Keenam warga Korsel itu diperkirakan dibebaskan oleh pihak Korut setelah masuk ke wilayahnya tanpa diketahui.

"Pemerintah Indonesia menyambut baik berita pembebasan enam warga negara Korea Selatan oleh Pemerintah Korea Utara" ujar Menlu RI Marty Natalegawa, dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Sabtu (26/10/2013).

"Perkembangan positif ini sesuai dengan harapan Pemerintah Indonesia yang mengedepankan pentingnya pertimbangan kemanusiaan serta diciptakannya kondisi yang kondusif bagi pemulihan dan peningkatan hubungan antar Korea" lanjut Menlu.

Sebelumnya dilaporkan, enam warga Korsel melintasi zona demiliterisasi dari wilayah Korut. Mereka langsung diinterogasi guna diminta penjelasan mengapa mereka bisa masuk ke wilayah Korut.

Pihak Korsel pun mencari tahu mengapa Korut bersedia untuk membebaskan mereka. Baik pihak Korsel ataupun Korut memberikan detail mengenai keenam warga Korsel yang menyusup masuk ke Negara Komunis tersebut. 

Tetapi ada kemungkinan keenam warga Korsel itu merupakan bagian kecil dari pihak Korsel yang diberikan kesempatan untuk bertemu dengan keluarganya di Korut. Sebelum program itu dibatalkan, rencana reuni antar-warga Korea ini menjadi pembuka kemungkinan langkah diplomasi bagi kedua negara yang pada dasarnya masih dalam kondisi gencatan senjata.

Pihak intelijen Korsel menyatakan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap warganya. Adalah sebuah kejahatan bagi warga Korsel untuk bepergian ke Korut tanpa mengantongi izin dari pemerintah. Pelanggaran atas aturan itu bisa diancam hukum penjara 10 tahun.




Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment