Friday, March 21, 2014

PT Pindad (Persero) di APSDEX 2014



Jakarta (MI) : Asia Pacific Security and Defence Expo (APSDEX) kembali digelar. PT Pindad (Persero) berpartisipasi dalam acara pameran produk pertahanan yang diselenggarakan pada tanggal 19-20 Maret 2014 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Acara yang diselenggarakan bersamaan dengan acara Jakarta International Defence Dialogue (JIDD) ini, dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono yang didampingi oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao.


JIDD tahun ini mengambil tema Building Maritime Collaboration for Security and Stability. Dalam sambutannya, Wakil Presiden menekankan pentingnya wilayah maritim, khusunya untuk Indonesia yang sebagian besar wilayahnya merupakan laut lepas. Laut mempunyai peran penting untuk hubungan diplomatik antar negara dan perdagangan, namun juga tempat terjadinya berbagai macam kejahatan antar negara seperti perdagangan manusia dan terorisme. Untuk itu, dibutuhkan regulasi khusus kemaritiman untuk mengatasi isu-isu tersebut. Diharapkan, lewat JIDD dapat dirumuskan berbagai macam regulasi, khususnya untuk hubungan bilateral dan regional, serta menciptakan keamanan dan stabilitas yang baik untuk negara-negara di Asia Pasifik.

Acara APSDEX dan JIDD 2014 ini dihadiri oleh sekitar 5000 delegasi dari 46 negara di seluruh dunia. Oleh karena itu, APSDEX merupakan sarana yang tepat untuk para produsen alat pertahanan baik pihak swasta maupun BUMN untuk mempromosikan produk perusahaan mereka kepada tamu-tamu kehormatan yang hadir.

PT Pindad (Persero) menampilkan beberapa produk alutsista andalannya seperti produk senjata yang terdiri dari SS1-M1, SS2-V2, SS2-V4, SS2-V5, PM2-V2, SPG1-V1, Sabhara, Shootgun, Pistol G2 Combat dan Elite, SM-2, SM-3, SPR-2, SPR-3, Mortir 60 CO, Mortir LR, dan Mortir 81. Selain produk senjata, ditampilkan pula produk munisi seperti dummy munisi 105 mm dan maket munisi. Ditampilkan pula produk penelitian dan pengembangan yaitu alat semai awan CoSat 1000. Para tamu yang datang ke stand PT Pindad (Persero), dari lingkungan TNI maupun kalangan militer asing mengucapkan beberapa kalimat pujian mengenai beberapa produk alutsista yang dipamerkan seperti ‘quite impressive’ ataupun ‘really good’. 

Keikutsertaan PT Pindad (Persero) ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk memperkenalkan produk yang dimiliki kepada para delegasi internasional, sekaligus menciptakan dan mempelajari pintu-pintu kerjasama baru dengan pelanggan potensial dari berbagai negara yang mungkin akan didapatkan. 
Sumber : BUMN

No comments:

Post a Comment