Friday, March 28, 2014

Kapal Perang Negara ASEAN dan ASEAN Plus Berdatangan di Perairan Batam

LPD  Plan Mount Changbai

Batam (MI) : Sejumlah kapal perang berbagai jenis negara Asean dan Asean Plus mulai berdatangan dalam rangka pelaksanaan Latma Multilateral Komodo 2014, di Perairan Batam.
TNI AL dalam kegiatan ini melibatkan 19 kapal perang antara lain jenis Sigma dan frigat serta jenis Parcim dan Landing Platform Dock (LPD). Kapal-kapal tersebutsebgaian sandar di dermaga dan sebagian lego jangkar sekitar 2 mil dari dermaga. Rencananya 14 kapal perang dari negara peserta seluruhnya akan lego Jangkar bersama-sama dengan kapal perang Tni AL  di depan dermaga Batu Ampar Batam.
Dalam latihan bersama Multilateral Komodo 2014, TNI AL melibatkan kurang lebih 3000 personel  peserta latihan termasuk di dalamnya personel dari TNI AD, TNI AU dan Polri. Selain itu dilibatkan pula unsur dari kesatuan penjagaan pantai (KPLP) Departemen Perhubungan dan satu kapal dari SKK Migas
Sedangkan personel dari negara peserta melibatkan kurang lebih 1800 personel Angkatan Laut dengan mengerahkan 14 kapal perang dan 4 helikopter dari 17 negara-negara Asean dan Asean plus yang terlibat dalam latihan bersama di Batam, Anambas dan Natuna Provinsi kepulauan Riau
Kapal Perang Brunei Darussalam KDB Darulehsan dan Kapal Perang Tiongkok  jenis LPD  Plan Mount Changbai   sudah lego jangkar kurang lebih 2 mil dari dermaga.

KDB Darulehsan
Sedangka kapal perang lainnya mulai Jumat pagi ini sampai jam 12.00 telah berdatangan dan dilegokan di depan pelabuhan Batu Ampar Batam antara lain dari kapal perang Jepang, India INS Sukanya, Malaysia KD Mahawangsa, Philipina BRP Ramon Alcaraz, Singapura RSS Resolution dan Rusia melibatkan 3 kapal jenis battleship, tanker dan Tug boat.  Kapal perang negara peserta lainnya hari ini semua direncanakan masuk Batam.
Selanjutnya delegasi dan personel yang telah ditunjuk dari masing-masing peserta negara sahabat tersebut akan bergabung dalam rangkaian kegiatan  di Swiss Belhotel Harbour Bay di Batam untuk melaksanakan kegiatan Latma Multilateral Komodo 2014
Sementara kegiatan Satgas ENCAP (Engineering Civic Action Program) dan Satgas MEDCAP (Medical Civic Action Project) dilaksanakan di Kabupaten Anambas dan Natuna. Untuk mendukung kegiatan Satgas Medcap  dua kapal perang TNI AL yakni kapal rumah sakit KRI Suharso-990 dan jenis LST (Landing Ship Tank) KRI Teluk Banten-516 yang dilengkapi dengan dua kontainer medis diberangkatkan sudah bergerak menuju lokasi kegiatan di Pulau-pulau wilayah  Natuna dan Anambas  untuk kegiatan  pelayanan kesehatan.
Latihan bersama latma Multilateral Komodo dengan tema “Asean Navy: Cooperation For Stability” ini diisipula dengan kegiatan Maritim Hospitality yang dikemas dalam bentuk Indonesia Martime Festival 2014 di mulai 28 Maret 2014, dengan acara antara lain kegiatan; meliputi tranportssi maritim,pariwisata,dan ekonomi kerakyatan & kreatif,produk-produk kemaritiman. Selain itu kegiatan olah raga diantaranya triathlon,fun bike,lomba perahu naga,sepaakbola gembira dan bola basket serta kegiatan hiburan yakni jazz festival, konser band, kirab kota serta lomba Masak.




Sumber : TNI AL

No comments:

Post a Comment