Wednesday, January 15, 2014

Menteri Pertahanan RI Pimpin Peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2014


Jakarta (MI) : Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prof. Dr. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.A., M.Sc., didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio bertindak selaku Inspektur Upacara Tabur Bunga di laut dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera di Perairan Teluk Jakarta dengan menggunakan KRI Banda Aceh (BAC)-593.

Peringatan hari Dharma Samudera diperingati setiap tahun sekali dengan maksud untuk mengenang serta mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur secara heroik pada pertempuran Laut Aru puluhan tahun silam. Saat itu, terjadi pertempuran yang melibatkan tiga buah Kapal Cepat Torpedo milik TNI Angkatan Laut, yakni KRI Macan Tutul, KRI Macan Kumbang dan KRI Harimau. Dalam pertempuran melawan kapal perang Kerajaan Belanda itu, mengakibatkan tenggelamnya KRI Macan Tutul serta gugurnya Komodor Yos Sudarso.

Upacara Tabur Bunga di laut merupakan wujud pemberian penghargaan dan penghormatan sekaligus mengenang atas jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur pada pertempuran laut dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa dan negara Republik Indonesia.

Acara tabur bunga di laut tersebut diselenggarakan oleh Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta dengan Komandan Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Ikin Sodikin AS., dan selaku Ketua Panitia Hari Dharma Samudera tahun 2014 Asisten Operasi Danlantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Edi Sucipto serta selaku Komandan Upacara Tabur Bunga Hari Dharma Samudera Tahun 2014, Kolonel Laut (P) Tjatur Soniarto yang sehari-hari menjabat Komandan Satuan Komando Pasukan Katak (Dansatkopaska) Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar).

Rangkaian Upacara Tabur Bunga Hari Dharma Samudera Tahun 2014 dilaksanakan di tank deck dilanjutkan dengan tabur bungan di geladak heli KRI BAC-593 dengan Pasukan Upacara yang terdiri dari Perwira Pertama (Pama), Bintara Lantamal III, Tamtama Kolinlamil, Korps Marinir, Kowal Koarmabar, Gabungan unsur maritim, Pramuka Saka Bahari dan pelajar.

Usai pelaksanaan upacara tabur bunga dilanjutkan dengan pemberian tali asih kepada pelaku dan ahli waris pertempuran Laut Arafuru, pemberian piagam penghargaan serta hadiah kepada juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah dalam rangka Hari Dharma Samudera Tahun 2014.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua MPR RI Dr. Ahmad Farhan Hamid, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Hari Bowo, M.Sc., Gubernur DKI Jakarta Ir. Joko Widodo, Perwira Tinggi (Pati) TNI dan Polri,  Pelaku Sejarah dan Ahli Waris Pertempuran Laut Arafuru, Perwira Menengah (Pamen) TNI, Pejabat Pemerintahan/Muspida dan Pejabat Unsur Maritim.




Sumber : Koarmabar 

No comments:

Post a Comment